SOCIAL MEDIA

Monday, February 26, 2018

IDN Times : Portal Informasi Kekinian Untuk Para Millenials dan Gen Z


Dulu, kalau mau mengetahui informasi terbaru yang sedang terjadi, saya harus nunggu pengoper koran datang ke rumah lalu melemparkan koran terbaru ke rumah saya melewati pagar rumah. Kalau pagi-pagi di depan rumah terdengar bunyi "BOOOK!" gitu saya sama kakak saya berlarian berlomba mengambil koran untuk diberikan ke Bapak, hihihi.


Selain koran, adapula majalah yang kontennya kebanyakan berupa hiburan, dan setiap majalah yang ada itu segmennya berbeda lho. Ada majalah untuk anak-anak, untuk remaja laki-laki, remaja perempuan, ibu-ibu rumah tangga, pecinta olahraga, pecinta elektronik, dan masiiih banyak lagi. Namun majalah ini terbitnya hanya satu minggu sekali bahkan ada yang 1 bulan sekali, dan terkadang ada juga majalah yang terbit hanya satu tahun sekali, biasanya majalah tersebut adalah edisi spesial, yang tebal halamannya ngalahin tebelnya skripsi.

Mengetahui informasi juga bisa melalui tayangan berita televisi, masih ingat dulu kalau pagi-pagi pasti Ibu menyalakan televisi, menonton berita yang sedang tayang sembari menyiapkan sarapan untuk saya, kakak, dan bapak. Selain berita formal, di televisi juga tersedia acara musik seperti MTv agar kaula muda tetap up to date dengan musik yang ada, ada juga acara infotainment yang menyediakan berita mengenai selebriti tanah air dan juga mancanegara. Untuk anak-anak juga ada stasiun televisi yang sepanjang hari menayangkan kartun.

Radio juga merupakan media informasi yang tak kalah dengan koran dan juga televisi, saya ingat ketika TK, mamang becak langganan saya selalu menggantungkan radio kecil di becaknya, selama perjalanan ke TK saya mendengarkan berbagai macam berita, dan juga lagu melantun lembut dari radio milik mamang becak.


---

Semenjak internet makin berkembang pesat, mengakses informasi pun semakin mudah. Tidak perlu menunggu siaran berita tayang di televisi, tidak perlu menunggu mamang loper koran mengantar koran ke rumah, menunggu majalah langganan terbit ataupun menanti segmentasi berita di radio.

Kini sudah hadir berbagai macam portal informasi, dan portal informasi ini semuanya up to date lho, tidak perlu menunggu 1 hari, karena portal informasi sekarang selalu mengupdate artikel beberapa jam sekali. Dan portal informasi ini bisa diakses melalui PC ataupun smartphone yang ada akses internetnya kapanpun lho! Mudah sekali bukan mengakses informasi di masa sekarang?

IDN Times merupakan salah satu portal informasi yang ada di Indonesia, dan IDN Times adalah portal informasi favorit saya! Alasan paling utama adalah IDN Times tidak pernah menyebar berita hoax dan menggunakan judul yang sangat vulgar untuk menarik minat pembaca. Karena saya sering melihat artikel dengan judul click-bait namun judul dan isi tidak ada hubungannya, sehingga saya sangat mencintai IDN Times yang artikelnya tidak pernah sekedar click-baitIDN Times menyuguhkan pembacanya artikel dan berita yang berkualitas.

Alasan lain saya menyukai IDN Times adalah tampilan dari website IDN Times ini bersih dan ringkas, tombol navigasi pun juga jelas dan mudah digunakan, ada beberapa iklan yang dipasang di IDN Times, namun iklannya pun menurut saya tidak mengganggu kenyaman para pembaca. Keunggulan nomor satu IDN Times buat saya adalah : Websitenya sangat ringan dan mudah diakses!

Apabila kita mengakses website IDN Times melalui browser pada PC, beginilah tampilan websitenya :

Halaman awal IDN Times

Sangat simpel bukan? Saya pertamakali membaca artikel dari IDN Times melalui sebuah link yang dibagikan oleh teman saya di Facebook, lalu tanpa terasa saya malah mengubek-ubek situs IDN Times untuk membaca artikel-artikel lainnya. Karena jenis beritanya sangat banyak dan menarik.

Menu Dropdown pada halaman Home IDN Times

Di IDN Times ini jenis beritanya banyak banget lho, ada News, Hype, Life, Quiz, Community, Bussiness, Health, Tech, Sport, Travel, Men, Food, Fiction, Science, Automotive, Opinion, dan IDN TV. Banyak bukan jenis beritanya? Kalau kalian menyukai berita seputar kendaraan, bisa memilih Automotive, kalau kalian ini mengetahui berita kekinian, bisa memilih Hype, nah jenis berita Hype ini juga ada masih ada akar-akarnya, yakni berita Viral, Humor, Entertainment, Fun Fact dan Throwback. Jangan berpikir di IDN Times isinya hanya berita biasa, semua jenis berita ada lho. Pokoknya kalau rajin ke IDN Times, nggak bakal kudet, semuanya up to date!

Contoh komentar pada IDN Times menggunakan akun Facebook

Ingin berkomentar di IDN Times? Di setiap artikel yang ada, kita bisa berkomentar dengan menggunakan akun Facebook, jadi kalau ingin berkomentar tak perlu repot-repot membuat akun baru untuk sekedar berkomentar, IDN Times mempermudah pembacanya untuk berkomentar, karena di masa sekarang mayoritas orang-orang pasti memiliki akun Facebook.

Kalau misalkan saya ditanya, jenis artikel apa yang paling saya suka di IDN Times, jenis artikel kesukaan saya adalah Health (Kesehatan) dan juga Quiz!


Tampilan awal website apabila kita memilih topik kesehatan

Pola makan, dan pola tidur saya tidak teratur. Benar-benar tidak teratur, karena saya sering tidur jam 3 pagi, dan jam 5 pagi sudah harus bangun karena jam 6 harus berangkat ke kampus, terkadang saya juga tidak tidur sama sekali, dan pernah juga selama 3 hari berturut-turut saya hanya sempat tidur ketika perjalanan ke kampus, yakni ketika di angkot. Mengikuti pola tidur yang tidak teratur tersebut, pola makan saya juga menjadi berantakan. Sehingga saya sering kali membaca artikel kesehatan di IDN Times.

Artikel kesehatan di IDN Times juga memberikan tips diet, tips menjaga kulit dengan baik sampai trik agar bisa bangun pagi. Berguna banget buat kita yang memiliki rencana untuk memulai hidup sehat!

Tampilan awal website apabila kita memilih Quiz
Dan, untuk artikel Quiz, sebenarnya artikel jenis ini sangat menghibur untuk saya. Karena ada Quiz yang bisa membaca karakter dengan cara memilih satu jenis makanan kesukaan, bahkan ada juga Quiz yang 'Kami tahu luka batin apa yang ada pada dirimu', beuh, menghibur sekali, karena terkadang result dari Quiz ini nggak terduga ihihihi. Biasanya kalau saya sedang bosan dan penat, artikel Quiz milik IDN Times adalah hal pertama yang saya buka.

Contohnya ini saya mencoba Quiz di IDN Times dengan judul "Cari Tahu Bagaimana Takdirmu Menurut Ramalan China Kuno!"


Hmm... China Kuno? Menarik, saya sangat tertarik dengan segala ramalan-ramalan dari China. Apabila di Quiz, kita nantinya harus memilih beberapa pilihan dari pertanyaan yang ada, terkadang ada artikel Quiz yang memberikan pertanyaan lebih dari 1, namun untuk Quiz yang saya coba ini hanya memberikan 1 jenis pertanyaan saja.

Contoh tampilan Quiz di IDN Times

Setelah selesai memilih, BAAAM! Result dari Quiz akan langsung ada.

Result dari Quiz
Saya pernah mencoba artikel-artikel Quiz dari portal informasi lainnya, sayangnya artikel Quiz dari portal informasi lain tidak se-stabil milik IDN Timess, milik portal informasi lain terkadang error sehingga hasil Quiz tidak muncul, sedangkan apabila milik IDN Times tidak pernah error, hasil Quiz selalu muncul! Maka dari itu saya sangat menyukai artikel Quiz milik IDN Times.


---

Apabila kalian menginstall LINE di smartphone kalian, kalian bisa meng-add official account milik IDN Times. Dengan begitu, kalian dapat menikmati berita dari IDN Times di timeline LINE kalian.

Dan kalau misalkan kalian merasa berita dari IDN Times jarang terlihat di timeline LINE karena tertimbun post dari akun yang kalian ikuti di LINE (seperti kasus saya, saya mengikuti banyak akun), kalian bisa mengunjungi profil dari IDN Times dan melihat-lihat berita disana. Mudah bukan?


---

Dan bagi kalian yang kurang nyaman menggunakan browser pada smartphone, atau bahkan tidak menggunakan aplikasi chatting LINE, kalian bisa menginstall aplikasi IDN Times di smartphone kalian! Aplikasi IDN Times ini gratis dan bisa kalian dapatkan di Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iPhone).


Saya menggunakan aplikasi IDN Times untuk Android, dan ukuran aplikasinya tak begitu besar, hanya sekitar 9 mb saja. Dan aplikasi IDN Times mendapatkan rating 4.2 di Google Play Store, dan rating ini diperoleh dari pengguna aplikasinya, ini menunjukkan bahwa banyak pengguna yang puas dengan aplikasinya.


Saya meletakkan icon dari aplikasi IDN Times di halaman pertama smartphone saya karena saya suka membaca berita ketika berada di angkot yang menuju ke kampus saya, hitung-hitung menambah wawasan.

Bapak saya menginstall aplikasi portal informasi lain yang beliau download dari Google Play Store, namun bapak saya sangat terganggu dengan notifikasi berita yang dalam sehari bisa mencapai 10 notifikasi, bahkan terkadang lebih banyak lagi. Nah, bagi kalian yang benci dengan notifikasi seperti itu, coba deh download aplikasi milik IDN Times ini, selama saya menggunakan aplikasi portal informasi IDN Times, saya hanya mendapakan 1 notifikasi saja dalam satu hari, sehingga saya sama sekali tidak terganggu.


Pada halaman home dari aplikasi IDN Times, terdapat beberapa berita yang sedang populer, selain terdapat berita, di bagian kiri atas dari home ada tombol navigasi yang saya lingkari dengan warna merah. Dan ketika kita menekan tombol navigasi, akan muncul jenis-jenis artikel yang ada di IDN Times, selain itu kita bisa login ke IDN Times juga. 

Kita bisa login dengan cara register menggunakan email, namun kita juga bisa login menggunakan akun Facebook kita. Mudah sekali bukan? 

Lalu, benefit apa yang bisa didapatkan kalau kita login? Apakah hanya bisa menggunakan fitur komentar?

Kita Bisa Bookmark Artikel Berita yang Kita Sukai


Untuk saya pribadi ini adalah fitur favorit! Terkadang ada beberapa tips di artikel IDN Times yang ingin saya tiru, namun saya malas mencatatnya, sehingga saya menggunakan fitur bookmark yang tersedia. Caranya sangat mudah!

Pastikan kita sudah login ke IDN Times, lalu pilih artikel yang ingin di bookmark, setelah artikel ketemu, tekan tombol bookmark yang ada di bagian kanan atas artikel, setelah itu kita bisa melihat artikel yang sudah di bookmark di bagian bookmark.

Kita Bisa Dapat Uang dari Menulis


Nah, di IDN Times ini ada komunitas yang namanya IDN Times Community, di komunitas ini, para anggotanya menulis artikel untuk dipublish di IDN Times. Jadi apabila kita ingin menulis, kita cukup menulis artikel melalui dashboard. Nantinya artikel yang kita submit tidak langsung terpublish, artikel akan diperiksa dahulu oleh pihak IDN Times.

Dan menurut sumber yang saya baca, apabila artikel kita sudah di publish, setiap 100 views pada artikel yang kita buat, kita akan mendapatkan 1 poin. Dan poin yang kita dapatkan dapat ditukar dengan uang tunai atau dengan barang yang disediakan oleh IDN Times. Minimal poin yang dapat ditukarkan adalah 2000 poin.

Apabila kalian tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai poin di IDN Times Community, silahkan klik link berikut.

---

Kalau misalkan ada yang tanya, apakah ada yang tidak saya sukai dari IDN Times?

Jawabannya adalah, Iya ada!


Apabila saya sedang membaca artikel di IDN Times, biasanya saya membacanya dengan sangat khusyu', seakan-akan dunia hanya milik saya, saya bahkan lupa sama skripsi saya yang sudah harus diperiksa dosen pembimbing lagi. Nah ketika sedang asyik membaca, saya sangat terganggu dengan :


Yap, saya sangat tidak nyaman dengan opsi 'Editor's Picks' yang muncul di tengah-tengah artikel yang sedang saya baca. Karena kemunculan 'Editor's Picks' ini selalu membuat saya kaget karena saya mengira artikel yang saya baca sudah habis padahal perasaan saya berkata artikel belum selesai. Saya merasa tidak nyaman karena di situs-situs portal berita lain yang saya kunjungi (portal informasi milik Indonesia maupun luar negeri) peletakkan 'Editor's Picks' atau artikel terkait selalu berada di akhir artikel.

Namun untuk hal lainnya, IDN Times sudah bagus. Saya hanya merasa tidak nyaman dengan peletakkan 'Editor's Picks' yang ada ditengah-tengah artikel.

---

Nah itu dia cerita saya mengenai IDN Times, portal informasi favorit saya. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian juga menyukai IDN Times? Comment down below, I'd love to know!


IDN Times

Instagram : @idntimes
YouTube : IDN Times



With Love,
Ghassani Gita Nirwanawati

4 comments :

  1. Idn times ngebantu banget untuk saya buibuk yang direpotkan urusan pekerjaan dan rumah tangga untuk tetap update isu isu yang sedang jadi trending topic :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benaar, IDN Times bener-bener bikin orang-orang yang super sibuk tetap up to date ^^ dan di IDN Times tidak ada berita hoax, jadi aman deh baca-baca info disana :)

      Terimakasih sudah berkunjung ya mbak ^^

      Delete
  2. haii salam kenal! aku baru sekali ini mampir ke blog mbak Gita dan rasanya seneng banget blognya lucuukk informatif gemesss <3

    aku juga suka baca-baca idntimes ini. baru tau juga kalo mereka terima artikel berupa listicle <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Agi ^^ Salam kenal juga ya mbak dan terimakasih banyak sudah berkunjung ^^ alhamdulillah seneng banget pas tau kalo mbak Agi suka dengan blog saya :D saya jadi semakin semangat ngeblog ^^

      Iya nih mbak, bisa bikin listicle, dan kalo listiclenya di publish bisa dapat uang tambahan juga lho mbak ^^ yuk monggo dicoba :D

      Delete