Skincare Routine untuk Kulit Berminyak, Berjerawat, dan Sensitif with BASE Personalized Skincare

Thursday, October 28, 2021




Hampir setiap hari kita melihat berbagai brand skincare lokal maupun luar negeri mengeluarkan produk baru. Dengan banyaknya pilihan skincare yang ada, pernah nggak sih kalian merasa bingung untuk memilih skincare yang tepat? Terutama mencari skincare bagi yang kulitnya berjerawat dan sensitif?


Bagi yang kulitnya berjerawat dan sensitif, terus kalian masih bingung mencari skincare yang tepat, jangan khawatir bestie! Kali ini saya akan mereview produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat dan sensitif. Dan produk yang saya review kali ini adalah produk dari brand lokal, BASE.


Bagi yang belum tahu mengenai brand BASE, jadi BASE adalah brand lokal yang mengusung konsep personalized skincare, yaitu BASE akan membantu kita untuk mengetahui kondisi kulit kita dan ingredients apa yang sesuai dengan kondisi kulit kita! Wow, sebuah konsep yang menurut saya masih jarang banget ada. Dan konsep personalized skincare ini akan sangat membantu kita yang masih bingung dengan kondisi kulit kita seperti apa dan ingredients apa yang sesuai dengan kondisi kulit kita pada saat itu.


Produknya ada apa saja? Saat ini BASE memiliki 4 produk, yaitu Cleanser, Toner, Moisturizer, dan Sunscreen. Dan semua produk BASE bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 98.000 hingga Rp 189.000.


“Wah kak, aku masih remaja nih, pingin pakai BASE, kira-kira bisa dipakai untuk remaja nggak ya? Tapi cukup mahal ya harganya, kok bisa mahal sih? Apa bedanya dengan skincare lain?”


Kenapa lebih mahal? Karena BASE menggunakan ingredients yang bersertifikat ECOCERT dan CRUELTY-FREE, sehingga produk-produk BASE cenderung aman untuk dipakai oleh kulit sensitif hingga kulit remaja sekalipun! Selain itu ingredientsnya juga sudah teruji efikasinya di laboratory. Another facts yaitu bahan-bahan yang digunakan BASE kebanyakan sudah menang beberapa awards sebagai bahan yang inovatif!


So, don’t worry! BASE give us the best for our skin


BASE’s Skin Quiz


Sebelum mereview produk-produk BASE, pasti ada yang bertanya-tanya nih, how BASE help us to personalized our skincare? Jadi prosesnya sangat simple, sehingga kalian akan hemat waktu dan juga biaya, yaitu kalian cukup pergi ke Official Website milik BASE yaitu www.base.co.id, setelah itu isi Skin Quiz yang sudah disediakan oleh BASE!



Skin Quiznya susah nggak? Nggak susah kok, ingat ini bukan ulangan! Hahaha. Jadi Skin Quiznya ini akan menanyakan seputar diri kita, mulai dari usia, jenis kulit, problem kulit yang sedang dialami, hingga pola hidup kita! Woah, pertanyaannya sangat mendetail sehingga BASE bisa menentukan what’s best for our skin.



Setelah kalian menyelesaikan Skin Quiz, kalian akan mendapatkan Skin Analysis Result! Dan di halaman ini kalian akan melihat summary mengenai diri kita (Nama, Usia dan Jenis Kelamin), mengenai kulit kita (mulai dari jenis kulit kita hingga semua problem kulit kita), pola hidup kita dan tentunya bagian paling excitingnya adalah Ingredients apa yang sesuai dengan kulit kita!


Nah gambar diatas merupakan kumpulan ingredients yang sesuai dengan kondisi dan juga permasalahan kulit saya! Wah ternyata banyak lho, ada May chang, Jojoba seed oil, Salicylic Acid, Niacinamide, Avocado Oil… Wah banyak deh!


Dan kalau teman-teman notice, BASE juga mencantumkan kegunaan/fungsi setiap ingredients dan juga mencantumkan darimana ingredients tersebut diambil! Contoh ada Vitamin E, yang ternyata berguna untuk melembutkan kulit, dan Vitamin E yang digunakan oleh BASE berasal dari Champlan, Perancis!


Wah selain mengetahui kondisi kulit kita, kita juga sekalian belajar nih tiap Ingredients itu fungsinya apa untuk kulit kita, wah cara belajar yang menyenangkan ya.


Nah, setelah mengetahui ingredients apa saja yang cocok untuk kulit kita, kita langsung bisa checkout produk BASE yang sesuai dengan kulit, dan tinggal menunggu produknya sampai ke rumah!


The Products


Saya mendapatkan 3 produk dari BASE, yaitu Freshly Dew Toner, Balancing Lotion (Moisturizer) dan juga Ultra Matte Natural Sunscreen! Ketiga produk ini adalah produk hasil #MatchMaker setelah saya mengisi Skin Quiz, sehingga ketiga produk ini sesuai dengan kondisi kulit saya!


Selain mendapatkan 3 produk yang sudah di personalized untuk saya, saya juga mendapatkan pouch cantik dari BASE dan juga Stiker yang lucu! Wah jadi nggak sabar menghias produk BASE milik saya dengan stiker-stiker lucu!



Saya juga mendapatkan sebuah kartu yang isinya adalah mengenai skincare yang diformulasikan untuk saya, mulai dari Formula ID, Recommend Skincare Steps Journey, sampai Key Ingredients. Menurut saya dengan adanya kartu ini, membuat brand BASE ini cukup berkesan di ingatan saya, karena mereka detail sekali!


My Skincare Routine with BASE



Berapa step skincare yang ada di skincare routine teman-teman? Apakah ada 10 step skincare? Atau teman-teman malah menerapkan Skip Care? Kalau saya pribadi tentunya melihat kondisi kulit saya, kalau sedang butuh perawatan lebih, saya bisa melakukan 5-7 step skincare, sedangkan kita kulit saya baik-baik saja, saya biasanya melakukan Skip Care biar lebih ringkas!


Nah menurut saya, untuk pemula, remaja, ataupun yang memiliki kulit sensitif, Skip Care merupakan skincare routine yang cocok untuk kalian! Karena Skip Care bisa meminimalisir iritasi karena banyaknya skincare yang digunakan dan juga hemat di kantong! Nah, kalian bisa membaca selengkapnya disini : https://www.base.co.id/blog/cari-tahu-mana-yang-lebih-cocok-untuk-kulitmu!-skip-care-vs-10-step-skincare-routine


Nah, awal saya sudah cerita ya kalau BASE memiliki 4 produk, yakni Cleanser, Toner, Moisturizer, dan Sunscreen. Nah keempat produk ini merupakan basic skincare yang sebaiknya kita gunakan secara rutin sebelum kita mulai explore produk lainnya seperti exfoliator, essence, retinol dan lain-lain. Karena tanpa basic skincare yang solid, produk-produk lain akan sia-sia karena tidak bisa bekerja dengan baik di kulit kita.


Jadi dengan menggunakan keempat produk BASE, kita sudah bisa merawat kulit kita! Sangat simple dan anti-ribet! Nah sebagai informasi tambahan, menurut Skin Test BASE, jenis kulit saya adalah berminyak kombinasi dan berjerawat.


Yuk kita mulai Skincare Routine saya dengan produk BASE!


Step #1  Cleanser


Walaupun cleanser dirasa merupakan step yang paling simple, namun cukup penting lho! Karena menggunakan cleanser yang tepat untuk kulit kita dapat meningkatkan efektivitas skincare kita selanjutnya.


Untuk cleanser, saya selalu mengusahakan untuk menggunakan cleanser yang se-gentle mungkin. Yang gentle ini seperti apa? Nah, kriteria cleanser yang gentle di kulit saya adalah yang pH nya mendekati pH alami kulit (pH 5.00-6.00 ), tidak mengandung ingredients yang harsh ke kulit (misalnya SLS) dan juga terasa melembabkan di kulit. Karena saya kurang suka dengan cleanser yang membuat kulit saya terasa kering dan ketarik.


Oh iya di step ini untuk cleansernya saya tidak memakai cleanser dari BASE ya. But hopefully I can try it someday!


Step #2 Toner



Setelah cuci muka dengan cleanser, lanjut ke step toner! Ini adalah step favorit saya, karena menggunakan toner setelah mencuci wajah rasanya sangat segar! Nah toner yang saya gunakan adalah Freshly Dew Toner. Toner ini berguna untuk menyeimbangkan minyak dan merawat kulit berjerawat, selain itu toner ini juga memberikan efek menyegarkan ke kulit! Toner ini diformulasikan tanpa wewangian, sehingga aman banget untuk orang yang kulitnya cukup sensitif dengan wewangian pada skincare.


Saya biasa menggunakan toner ini ketika kulit saya masih setengah basah setelah menggunakan cleanser wajah. Biasanya saya langsung menggunakan tangan untuk pengaplikasian toner ini ke kulit saya, 2-3 pump sudah cukup untuk digunakan di wajah dan leher.



Toner ini key ingredientsnya adalah Salicylic Acid, Witch Hazel, Niacinamide, dan Olive Squalane. Nah keempat key ingredients ini saling melengkapi banget, ada Salicylic Acid yang mengeksfoliasi kulit dengan gentle, ada Witch Hazel yang dapat mengecilkan tampilan pori-pori, ada Niacinamide yang dapat mencerahkan kulit, dan ada Olive Squalane yang bisa meregenerasi kulit serta bertugas menjadi emollient (melembabkan kulit)


Untuk teksturnya sendiri, toner ini cair sekali seperti air, warnanya ada sedikit hint warna kuning, dan wanginya sendiri nggak bisa saya deskripsikan ya, namun tidak mengganggu sama sekali. Tapi karena toner ini diformulasikan tanpa wewangian, saya yakin wanginya ini adalah wangi dari ingredients toner itu sendiri.


Waktu diaplikasikan ke wajah rasanya adem sekali, dan wajah langsung terasa lembab. Namun kalau udara sedang dingin atau kulit saya sedang benar-benar kering (dehidrasi) saya biasanya menggunakan toner ini sebanyak 2 layer biar kelembaban di kulit saya tetap terjaga.


Step #3 Moisturizer



Lho? Kulit berminyak dan berjerawat butuh Moisturizer? Bukannya malah bikin tambah berminyak dan jerawatan?


Saya yakin kita semua pernah mendengar pernyataan seperti itu, atau kalian adalah pemilik kulit berminyak dan berjerawat lalu tidak pakai moisturizer karena pernyataan tersebut? Yuk, sini sini sini, aku kasih tau sesuatu…


Jadi, semua jenis kulit itu butuh moisturizer di skincare routine mereka, moisturizer ini berguna untuk mengunci kelembaban kulit sehingga kulit nggak kering, karena sebenarnya kulit kita cerdas lho, kalau kekurangan kelembaban, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap terjaga tingkat kelembabannya. Kalau kita nggak pakai moisturizer, ya kulit pastinya akan memproduksi lebih banyak minyak.


Begitu ya teman-teman, jadi please don’t skip this step ya!


Tapi saya yakin pasti masih ada yang belum menemukan moisturizer yang cocok. Entah mungkin karena teksturnya berat, ataupunt terasa tidak nyaman. Tapi no worries! Untuk kulitnya yang berminyak, berjerawat dan juga sensitif bisa banget mencoba BASE Balancing Lotion sebagai moisturizer kalian. 



BASE Balancing Lotion ini key ingredientsnya ada May chang (berguna untuk meminimalisir tampilan pori-pori), Jojoba seed oil (sebagai moisture sealer), Cucumber extract (Pereda bengkak pada kulit) serta ada Tea tree oil (mencegah timbulnya jerawat).


Wah menarik ya key ingredientsnya! Waktu saya tahu key ingredientsnya saya langsung nggak sabar mau mencoba moisturizer dari BASE ini!


Tekstur moisturizer ini adalah gel-cream, dengan warna kekuningan. Dan tekstur moisturizernya BASE ini enak banget di kulit! Mudah diratakan ke seluruh wajah, mudah menyerap di wajah dan juga terasa adem sekali di kulit! Sama seperti tonernya, moisturizer ini juga tidak mengandung fragrance, jadi wangi yang kita cium pada moisturizernya adalah wangi alami dari ingredientsnya!


Moisturizer ini sering saya gunakan sebagai moisturizer di pagi hari, karena memang teksturnya enak, mudah menyerap, dan juga dapat mengontrol minyak berlebih di kulit!

Step #4 Sunscreen



Step terakhir yang juga penting adalah Sunscreen! Seperti yang kita tahu, sinar matahari itu terdiri dari 2 macam, yaitu UVA dan UVB. Kedua macam sinar matahari ini dapat merusak kulit kita, jadi menggunakan Sunscreen dengan SPF dan Broad Spectrum adalah wajib hukumnya jika kita mau melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.


Dampak buruk sinar matahari apa saja sih? Dampak buruknya itu kulit kita bisa terbakar, menggelap, muncul flek hitam, mempercepat aging, hingga kanker kulit! Nah maka dari itu sunscreen penting sekali, karena tanpa sunscreen, skincare yang sudah kita pakai akan sia-sia karena pada akhirnya akan rusak karena sinar matahari!


Dan bagi yang kulitnya berminyak, BASE Natural Sunscreen hadir untuk kalian!



Key Ingredients dari Sunscreen ini ada Carrot Oil (yang juga melindungi dari Blue Light), Raspberry leaf extract (menjaga keseimbangan sebum), Ectoin (menjaga kulit dari polusi) dan juga Salicylic Acid (yang dapat membantu menyembuhkan jerawat).


Nah pasti ada yang bertanya-tanya nih, apa sih itu Blue Light? Nah Blue Light ini adalah sinar yang dihasilkan oleh gadget kita, jadi ada yang meneliti kalau ternyata Blue Light juga berpengaruh ke kesehatan kulit kita, karena Blue Light ini bisa menembus jauh ke dalam lapisan dermis daripada sinar UVA dan UVB!


Nah, menggunakan BASE Natural Sunscreen, kita tak perlu khawatir lagi, perlindungannya SPF50+ PA+++ dan juga dapat melindungi dari Blue Light. Paket komplit!


Kalau teksturnya sendiri, sunscreen ini cukup thick, warnanya kuning, awalnya saya kira bakal berat di kulit, namun ternyata terasa cukup ringan! Finish dari Sunscreen ini matte dan nyaman banget di kulit. Dan seperti moisturizernya, Sunscreen ini juga bagus sekali oil controlnya! Yang biasanya kalau siang-siang wajah saya sudah kayak bola disco, kalau pakai sunscreen ini, masih terlihat agak matte!


Seperti toner dan moisturizernya, sunscreen ini tidak mengandung wewangian, namun menurut saya yang sunscreen ini baunya paling samar daripada produk BASE yang lain.


How it Works on My Skin




Saya bisa bilang menggunakan skincare dari BASE sangat membantu kulit berjerawat saya pulih secara perlahan. Benar-benar bisa calming kulit dan juga mengontrol tumbuhnya jerawat di kulit saya!


Namun perlu diingat ya, kulit saya nggak serta-merta membaik dengan produk BASE saja, konsistensi dalam menggunakan produk, pola tidur, diet, penggunaan skincare lain yang disarankan oleh hasil Skin Test BASE (yakni serum ataupun retinol) juga berperan di perubahan kulit saya!


Nah itu dia rangkaian skincare saya yang sangat simple dan minimalist menggunakan produk-produk dari BASE. Menurut saya walaupun harganya memang tidak terlalu terjangkau untuk sebagian orang, namun produk-produk BASE sangat worth to try, apalagi sebelum membeli produk, kita bisa mengikuti Skin Test sehingga kita diarahkan dengan produk yang tepat dengan kondisi kulit kita!


Untuk teman-teman Vegan, BASE juga merupakan skincare Vegan, jadi aman kalian gunakan!


Saya juga ingin sekali teman-teman mencoba rangkaian skincare dari BASE yang sangat simple dan minimalist ini! Jadi saya ingin memberitahu kalau di website BASE sering banget ada diskon, terutama untuk produk yang bundle! Selain ada diskon dari BASE, saya punya kode voucher untuk teman-teman agar mendapatkan diskon tambahan sebesar 35%!



Teman-teman bisa menggunakan kode “35GITA” ketika checkout di website BASE untuk mendapatkan diskon sebesar 35% sampai dengan Rp 200.000 minimal pembelian Rp 100.000. Namun jangan lupa untuk melakukan Skin Test dulu ya sebelum checkout produk-produknya, kalian bisa melakukan Skin Test dengan mengklik link ini.


Segitu dulu cerita saya mengenai skincare routine bersama BASE serta review produknya! Kalian pernah mencoba skincare dari BASE belum? Kalau sudah cerita di kolom komentar di bawah yuk! Kita cerita-cerita kayak biasanya ^^

 

With Love,



9 comments:

  1. Halo Kak Gita! Wah penasaran bgt sama sunscreen-nya Base krn lumayan rame bgt direview temen2. Jujur dari bentuknya aku kira sunstick gataunya sunscreen liquid aja yaa?😂 Whitecast ga yaa?

    ReplyDelete
  2. Banyak yang bilang sunscreen Base bagus, jujur penasaran banget sama sunscreenya..Anyway harganya lumayan juga ya..

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka banget sama formulasi dari base bikin kulit jadi kaleman. Nice progress-nya yah huhu.

    ReplyDelete
  4. Udah eyeing base dari tahun lalu, konsepnya menarik banget! Apalagi pas keluar sunscreen mereka dan banyak yang cocok, duh makin penasaran.

    ReplyDelete
  5. kak gitaaa aku juga sempet pake skincarenya Base niih. tapi belum pake tonernya, jadi penasaran kayak gimana di kulitku. btw aku suka liat progressnya kak 😍

    ReplyDelete
  6. KANGEN BANGET BACA REVIEW KAK GITA 🥺💖

    btw aku juga pakai Base dan puas banget, apalagi sama cleanser dan sunscreennya. progressnya keren banget kak gitaa, jadinya dibarengi pemakaian serum apa tuh kak?

    ReplyDelete
  7. Mbak, works ya BASE produts di kamu :'). Aku dulu juga sempet naksir beberapa produk BASE especially toner, moisturizernya. Plusnya lagi pas mau order kita bisa cek keadaan kulit kita, apa aja yang harus kita hindari. Next, kalau ada kesempatannya mau sih coba tonernya, kalau pelembap, sekarang aku tricky banget soal moisturizer.

    ReplyDelete
  8. Sekarang BASE ada sunscreen yang buat dry skin penasaraaaan! Tapi aga nyaru sama yg matte beda warna doangg, kadang mata suka siwerr

    ReplyDelete
  9. Sunscreen Base favorit banget! Cepet nge-set terus bener2 bisa kontrol sebum jadi muka nggak kusam seharian ><

    ReplyDelete