Review: Zalfa Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel

Thursday, August 5, 2021


Siapa disini yang masih bingung mencari produk untuk mengeksfoliasi wajah? Pastinya bingung ya, karena banyak banget pilihan produk yang bisa mengeksfoliasi wajah, mulai dari yang berupa chemical exfoliation ataupun yang physical exfoliation.


Hari ini saya ingin me-review dan merekomendasikan satu produk exfoliation, bentuknya berupa salah satu jenis physical exfoliation, yakni Peeling Gel. Produk ini adalah Zalfa Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel!


DESCRIPTION
Zalfa Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel
Price: Rp. 119.000
Size: 30gr
Where to buy :
Zalfa Official Shopee


Seperti biasa, seperti kata pepatah kita : tak kenal maka tak sayang, jadi bagi yang masih asing dengan brand Zalfa, kita kenalan dulu yuk!


Jadi, Zalfa, atau lengkapnya Zalfa Natural, adalah beauty brand lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Brand Zalfa Natural ini sendiri hadir dengan misi edukasi tentang skincare yang aman, dan membantu masyarakat Indonesia menemukan skincare terbaik dengan formulasi dan ingredients yang natural dan juga halal!


Brand Zalfa Natural ini berlokasi di Kota Bogor dan juga sudah mengantongi izin BPOM dan bersertifikat Halal MUI, jadi pastinya aman dan muslim-friendly! Nah kalau kalian masih penasaran ingin kenalan lagi Brand Zalfa Natural, kalian bisa mengunjungi Instagram mereka @zalfanatural! (Psst… Mereka sering ngasih tips merawat kulit di Instagram! Cus di follow!)


Nah, selesai kenalan, yuk kita lanjut membahas produknya!


Saya pernah membahas kalau mengeksfoliasi wajah itu cukup penting apalagi untuk saya yang usianya sudah menginjak 25 tahun. Karena sebenarnya bagian terluar kulit kita (stratum corneum) yang terdiri dari kulit-kulit mati ini akan ‘melepas’ dirinya dan digantikan dengan kulit baru setiap 2 minggu.


Sayangnya proses ‘melepas’ ini bisa melambat, dan faktor-faktor yang membuat proses ini melambat itu banyak banget, usia, makanan yang dikonsumsi, perubahan hormon, dan perubahan cuaca bisa memicu proses ‘melepas’ itu terhambat.


Kalau proses ‘melepas’ sel kulit mati ini terhambat, pori-pori bisa tersumbat, terjadi breakouts, muncul kerutan, kulit kusam, wah banyak deh. Kita bisa membantu kulit kita dalam proses ‘melepas’ sel kulit mati dengan cara mengexfoliate kulit kita menggunakan produk exfoliasi, salah satunya adalah Peeling Gel.


Nah, Zalfa Natural baru saja melaunching produk terbaru mereka pada tanggal 23 Juni 2021 kemarin, produk baru ini adalah Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel.


Peeling gel merupakan salah satu produk exfoliation yang dapat membantu kita ‘melepas’ sel kulit mati. Peeling gel ini exfoliants yang gentle namun juga dapat membantu ‘melepas’ sel kulit mati dengan efektif. Wah, excited banget jadinya waktu mencoba Peeling Gel dari Zalfa Natural!


Packaging



Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel dikemas dalam packaging jar kaca berukuran 30gr dan packaging sekunder mereka berupa kardus kecil. Saya awalnya cukup kaget karena ukurannya mungil, lucu banget, tapi keunggulan produk yang ukurannya mungil begini adalah Ia mudah dibawa travelling


Perlu diingat karena packaging jar dari Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel ini dari kaca yang opaque, pastikan kalian menyimpannya di tempat yang aman ya, jangan sampai terjatuh/terbentur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.



Di kardus produk, terdapat informasi yang lengkap sekali, ada deskripsi produk, list ingredients, nomor BPOM (dan barcodenya), cara pakai, dan saran penyimpanan produk. Pada stiker yang ada di jar produk juga ada informasi mengenai produk namun lebih komplit di kardusnya. Saya sejujurnya suka nih sama produk yang memberikan deskripsi produk selengkap mungkin di packaging mereka. Great job Zalfa Natural!


About The Product



Jadi, Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel adalah Gentle peeling gel yang diformulasikan dengan Bio-enzyme dari Papain Enzyme & Bromelain Enzyme. Main ingredientsnya ada Nature Korean Mugwort, Honey, Aloe vera, Phytosan, Cultivated Red Algae Extract, dan Micro Collagen. Peeling Gel ini efektif membersihkan komedo, membersihkan sel kulit mati, mengurangi minyak berlebih, dan menyamarkan tampilan pori.



Kandungan Nature Korean Mugwort di Peeling Gel ini sangat menarik perhatian saya, karena kebetulan kulit saya jatuh cinta sama Mugwort, setiap saya pakai skincare yang ada kandungan Mugwortnya, kulit saya langsung jadi lebih calm. Nature Korean Mugwort yang terkandung di Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel ini sendiri bersifat anti-mikroba yang bisa membantu mencegah pertumbuhan jerawat.



Selain Nature Korean Mugwort, ada Papain Enzyme yang dapat mengeksfoliasi kulit tanpa membuatnya iritasi, Bromelain Enzyme yang merupakan enzim dari nanas yang bertindak sebagai AHA (Alpha hydroxy acid) yang dapat mengankat sel kulit mati, ada Honey (madu) yang merupakan anti-bakteri alami dan dapat mencerahkan kulit, ada Aloe vera yang bertugas sebagai anti-inflamasi, Hydrolyzed Collagen yang dapat menjaga elastisitas kulit kita, Phytosan yang kaya antioksidan (psstt… dapat menjaga skin barrier juga!), dan ada Cultivated Red Algae yang merupakan antioksidan alami untuk mengencangkan, melembabkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan.


Zalfa Natural juga mengklaim kalau Peeling Gel ini aman (sudah BPOM), Halal, Alcohol free, Sulfate free, Paraben free, Phthalate free, Pregnancy safe, No harsh chemicals, dan menggunakan natural ingredients.


Let’s Talk About the Product



Tekstur dari Peeling Gel ini tentunya berbentuk gel yang ketika menyentuh permukaan kulit akan mulai membentuk scrubbing fibres. Waktu dioleskan rasanya seperti mengoleskan moisturizer yang seketika meleleh di kulit dan Peeling Gel ini memberi efek sejuk ketika digunakan, sepertinya itu karena Peeling Gel ini mengandung Aloe Vera.


Ketika kita mulai memijat wajah, akan terbentuk scrubbing fibres berwarna putih yang berasal dari kandungan Synthetic Wax yang ada di dalam Peeling Gel ini.


Menurut saya scrubbing fibres pada Peeling Gel dari Zalfa Natural ini cukup gentle, tidak sakit di kulit dan bisa mengeksfoliasi dengan baik. Namun perlu diingat, karena Peeling Gel ini masih masuk ke dalam kategori physical exfoliation, walaupun gentle, kita harus tetap berhati-hati dalam memijat wajah ya. Jangan kencang-kencang, pelan-pelan saja sudah cukup.


Catatan lagi, kalau kalian sedang ada jerawat aktif di wajah, saya sarankan jangan memijat di area jerawat aktif, lewati saja proses memijat di area jerawat aktif tersebut. 


Untuk aromanya sendiri, sebenarnya saat pertamakali menggunakan Peeling Gel ini, yang paling saya notice adalah aromanya. Aromanya ini menurut saya tergolong cukup kuat, karena sebelum produknya saya buka, aromanya sudah tercium dari bagian luar packagingnya.


Aromanya kan kuat banget nih, apakah mengganggu? Bagi saya pribadi aromanya tidak mengganggu, karena ketika sudah diaplikasikan ke kulit lama kelamaan aromanya akan sedikit memudar dan akan menjadi soft. Aromanya sendiri menurut saya enak dan cocok sekali untuk momen me-time, aromanya seperti blend antara floral dan fruity




Saya menggunakan Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel 2x dalam seminggu. Biasanya saya jeda 3 hari pada setiap pemakaiannya agar tidak over-exfoliasi. Dan saya menggunakan Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel setelah membersihkan wajah menggunakan face wash, lalu mengaplikasikannya ketika wajah saya dalam keadaan setengah kering (damp) di malam hari.

Karena wajah saya sedang ada jerawat aktif terutama di bagian pipi, pada bagian pipi saya hanya memijat dengan cara saya tekan pelan dengan telapak tangan. Sedangkan dibagian lainnya saya memijat dengan menggunakan jari-jari saya secara perlahan. 

Setelah sudah selesai saya aplikasikan dan saya pijat pelan-pelan, saya membilas Peeling Gel ini menggunakan air hangat, saya tap-tap dengan handuk bersih, lalu saya lanjut menggunakan night skincare saya seperti biasanya. 

Setelah menggunakan Peeling Gel ini, efek instan yang saya rasakan adalah wajah saya terasa sangat halus, sangat lembab, wajah saya terlihat bersih dan terlihat lebih cerah. Efek terlihat bersih ini di kulit saya paling terlihat di daerah hidung saya. Namun sebenarnya saya paling suka efek pada wajah saya keesokan hari setelah malamnya saya menggunakan Peeling Gel ini. Wajah saya terlihat benar-benar sehat dan juga terasa plump sekali. Jadi senang megang-megang wajah saking plumpnya 😊




Overall, menurut saya Peeling Gel dari Zalfa Natural ini efektif dalam mengeksfoliasi wajah kita, scrubbing fibres yang terbentuk juga tidak abrasive dan tidak sakit di kulit, easy to use, wanginya juga enak! Saya juga suka karena saya merasa Peeling Gel ini mengeksfoliasi kulit wajah saya namun di saat bersamaan juga membuat wajah saya lebih calm dan lembab.

Sejauh ini saya tidak merasakan efek aneh-aneh di kulit saya, tidak ada breakout juga, jadi saya bisa bilang kalau saya cocok menggunakan Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel

Kalau kekurangan produk ini ada nggak ya?

Sebenarnya ini bukan kekurangan yang berarti ya, saya merasa karena tekstur gelnya agak ‘cair’, terkadang pas pakai Peeling Gel ini, scrubbing fibresnya yang berwarna putih itu gampang banget jatuh dari wajah saya, jadi a little bit messy on me. Tapi selain kekurangan tidak penting tadi, everything is fine with me!

Kalau saya ditanyain nih, is this product worth to try? I think it’s worth every penny on it. Apalagi bagi kalian yang masih baru memulai untuk mengeksfoliasi wajah kalian namun masih takut menggunakan chemical exfoliation, Peeling Gel ini sangat cocok untuk kalian! Sebenarnya walaupun Peeling Gel ini masih masuk kategori physical exfoliation, namun Peeling Gel dari Zalfa Natural ini mengandung acid yang merupakan chemical exfoliation

Bagi kalian yang menghindari fragrance pada skincare, unfortunately this product is not for you! Karena seperti yang sudah saya jabarkan sebelumnya – aroma dari produk ini cukup kuat (walaupun ketika sudah di aplikasikan lama-lama akan menjadi soft). Tapi saya pribadi tidak masalah dengan keberadaan fragrance pada skincare ^^

Bagi kalian yang tertarik dengan Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel dan ingin mencoba, Peeling Gel dari Zalfa Natural ini harganya Rp. 119.000 dengan isi 30gr, menurut saya cukup terjangkau mengingat Peeling Gel ini hanya kita gunakan 2x dalam seminggu! 

Oh iya, kalian bisa langsung checkout Peeling Gel dari Zalfa ini disini : Shopee Official Zalfa Natural

---

Terimakasih untuk tim Zalfa Natural karena sudah memberi saya kesempatan untuk mencoba Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel, Peeling Gel yang super kece ini!

Nah, teman-teman bagaimana nih? Apakah tertarik dengan Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel? Yuk cerita apa yang bikin kalian tertarik dengan Peeling Gel dari Zalfa Natural di kolom komentar di bawah! Kita ngobrol ya!


With Love,

18 comments:

  1. Huhu pengenn bangett nyobain peeling gel nya, tapi biasanya muka saya ngga cocok sama perfume

    ReplyDelete
  2. Wahhh unik banget yaa produknya, kaya physical exfoliation tapi gentle

    ReplyDelete
  3. maaf oot aku gagal fokus sama ava kamu, kucingnya lucu banget hwaaaa! anyway reviewnya menarik banget! sayangnya aku kurang cocok sama yg ada parfume2nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww thank you! Hahaha nggak bisa foto sama anabul, jadinya digambar aja deh hihihi >.< yah sayang banget yaaa kurang cocok sama fragrance :")

      Delete
  4. teksturnyaa gemes banget, jadi bersih pulaa afternyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa! Kayak gel moisturizer eh tiba2 muncul scrub! >.< bagian wajah yang merah-merah juga jadi tenang habis di exfo pakai peeling gel ini :") cintaaa!

      Delete
  5. Menarik banget ya, gila sekarang konsep skincare makin -makin canggih, mager friendly! Wkwkkw.

    Aku belum pernah coba produknya Zalfa, dulu awal ditawarin cuma spill toner, dan agak ragu jadi belum bisa aku ambil :') jadi nyesel, kwkwke. Ternyata kece-kece efektivitas produk mereka!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngahahahaha emang makin kesini skincare jadi mager people friendly banget! >.< Waaaah gapapa kak git, pan kapan dicoba! Aku juga penasaran sama toner mereka, banyak yang bilang baguus :")

      Delete
  6. Aku sukaa dengan peeling gel zalfa ini. Praktis digunakan, aromanya enak, terus cocok buat kulit sensitif jugaaa.

    ReplyDelete
  7. peeling gel aja nih produk eksfoliasi yang belum pernah aku coba, penasaran banget 😍

    ReplyDelete
  8. Best peeling gel, enak sih ini mild banget bahkan di kulitku yang sensitif.

    ReplyDelete
  9. pernah pakai semacam peeling gel gini tapi produk yang untuk kaki, belum sempet pakai yang untuk wajah seperti zalfa ini. sensasi ngerontokin "daki"nya itu nyenengin sih

    ReplyDelete
  10. Mantep nih buat komedo yang membandel pasti langsung gampang keluarinnya

    ReplyDelete
  11. Belum berani pakai peeling gel nih apalagi kan digosok, kulitku sensi gosokan hiks

    ReplyDelete