Review : Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Monday, February 19, 2018


Halo! Kali ini saya ingin berbagi review tentang sunscreen favorit saya, seperti yang seringkali disampaikan oleh para beauty guru dan beauty blogger, sunscreen itu sangat penting untuk kulit kita. Karena Ia bersifat melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari (UV).


DESCRIPTION 
Skin Aqua UV Moisture Gel
Price: Rp 45.000 - Rp. 55.000 
Size: 40 gr
Where to buy :
Sociolla, Hypermart, Giant, Guardian and Rohto Official Store


Tahukah kalian kalau ada dua jenis sinar UV yang berbahaya buat kulit? Dua jenis sinar UV ini adalah sinar UVA dan UVB.

Nah diantara kedua jenis tersebut UVA adalah yang paling berbahaya karena Ia adalah gelombang ultraviolet panjang yang menembus kulit kita hingga lapisan epidermis, dan uniknya UVA ini tidak terasa panas lho di kulit kita, sinar UVA juga dapat menembus kaca dan awan, dan sebagian kasus kanker kulit disebabkan oleh sinar UVA lho. Sinar UVA juga merupakan salah satu penyebab cepatnya penuaan dini pada kulit kita.

Sedangkan sinar UVB adalah gelombang ultraviolet pendek, UVB tidak menembus permukaan kulit kita, namun UVB adalah penyebab utama apabila kulit kita terkena sunburn dan juga menghitam, sinar UVB tidak menembus awan dan juga kaca, dan sinar UVB akan terasa panas apabila terkena kulit.

Untuk melindungi kulit dari kedua sinar UV tersebut, kita harus memilih sunscreen yang mengandung SPF serta dilengkapi perlindungan PA+.



Pertanyaan yang seringkali ada di setiap pembahasan sunscreen adalah :
Kalau saya pakai BB Cream / Foundation / Pelembab yang sudah ada SPF nya bagaimana? Apakah harus tetap pakai sunscreen?

Jawabannya adalah : Iya! Harus tetap pakai.

Katanya, SPF yang terkandung di dalam Foundation, BB Cream maupun pelembab itu kurang efektif buat melindungi kulit kita dari sinar UVA dan UVB. Singkat cerita, kita percuma banget setiap hari maskeran pakai sheet mask Korea, pakai clay mask, toner 7 lapis, pakai skincare harga satu jutaan kalau kita nggak menjaga kulit kita dari sinar UVA dan UVB. Sangat percuma, dirawat tapi tidak dilindungi. Sedih kan?


Nah setelah mengetahui fakta-fakta diatas, saya sendiri tercengang karena saya adalah salah satu dari sekian banyak makhluk di dunia ini yang percaya kalau pelembab ber SPF sudah cukup melindungi kulit. Dan banyak banget orang-orang yang bilang kalau pakai sunscreen itu nanti ada whitecastnya, lengket, dan bikin jerawatan, saya sebagai makhluk berkulit kombinasi jadi anti sunscreen gara-gara perkataan orang-orang. Benar-benar kebodohan yang hakiki.☺

Tapi!

Kini saya sudah menyadari kebodohan saya, dan akhirnya berinisiatif mulai menggunakan sunscreen. Sekitar bulan Mei akhir tahun lalu, akhirnya saya menemukan sunscreen yang cocok dengan kulit wajah saya yang cenderung kombinasi (berminyak di T-Zone, normal di daerah pipi dan dagu, kulit saya juga acne prone). Sunscreen tersebut adalah Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++.

Sunscreen dari Skin Aqua ini banyak banget yang bilang kalau bagus, saya membeli yang jenis Moisture Gel karena jenis yang satu ini cocok untuk kulit normal - berminyak. SPF 30 PA++ yang dikandungnya pun menurut saya sudah cukup banget untuk dipakai sehari-hari dan ampuh melindungi kulit dari UVB (yang dilindungi oleh SPF 30) dan UVA (yang dilindungi oleh PA++).

Packaging


Dari segi packaging, packagingnya ringkas banget, dan simple. Bentuknya juga mungil jadi bisa masuk ke pouch kosmetik dengan mudah. Tutupnya berbentuk ulir, saya sebenarnya paling suka sama skincare yang tutupnya ulir, karena kalau dibawa travelling saya nggak perlu khawatir bakalan tumpah.


Pada packaging pun dijelaskan dengan singkat manfaat yang terkandung dalam Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++, kalau ingin penjelasan lebih lengkap, ada pada box, namun sayangnya box nya terlanjur dibuang jadi nggak bisa saya foto ehehehe.

Jadi sesuai dengan informasi yang ada pada bagian belakang packaging, Skin Aqua UV Moisture Gel ini selain melindungi kulit dari sinar UV, juga mengandung Improved Hyaluronic Acid dan Collagen yang melembabkan, melembutkan dan mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu juga mengandung vitamin B5, E dan C yang menutrisi kulit. Wah, melindungi, melembabkan, dan menutrisi kulit, kurang apa nih sis ini sunscreen sis.


Dan bagian terpenting, keterangan batch, expired, dan nomor POM, ada di bagian bawah kemasan. Kalau tidak salah, pada box juga ada, namun saya lupa terletak dimana karena ya... Ehehehe terlanjur dibuang. Pastikan ketika membeli apapun melihat keterangan expirednya kapan ya!

How's the Product?


Sebenarnya waktu saya pertama kali mengetahui produk ini, saya mengira akan berbentuk gel bening, namun ketika saya melihat review yang ada ternyata malah berwarna putih pekat. Namun ternyata walaupun terlihat putih pekat dan berat, sunscreen ini ringan, seperti klaimnya yang seringan air. Oh iya sebelum menggunakan sunscreen ini, jangan lupa untuk mengocoknya terlebih dahulu.

Dikulit saya, sunscreen ini cukup cepat menyerapnya dan sangat ringan di wajah, namun ketika sudah menyerap wajah saya tidak matte gitu, wajah saya terlihat ada glowing. Bagi kalian yang tidak suka dengan efek glowing pada wajah, bisa kok di set dengan bedak tabur setelah menggunakan sunscreen ini. Kalau saya sih suka dengan efek glowing, karena kan keliatan kayak kulitnya mbak Hyuna.


Saya sudah memakai sunscreen ini sekitar 7 bulan, dan tidak ada efek yang aneh-aneh pada wajah saya, malah saya merasa wajahnya kenyal dan lembabnya merata, biasanya di bagian dagu, pipi kering sekali, tapi sekarang lembabnya merata!

Dengan SPF 30, sunscreen ini bisa melindungi saya dari sunburn, serta kandungan PA++ nya dapat melindungi saya dari bahaya sinar UVA. Sunscreen ini benar-benar ampuh melindungi kulit wajah saya lho, karena saya pernah jalan-jalan dengan teman saya, waktu itu matahari sedang terik-teriknya, dan keesokan harinya teman saya mengeluh kulitnya jadi agak kusam dan terasa terbakar, padahal kulit saya keesokan harinya tidak apa-apa, benar-benar baik-baik saja.

Nah mumpung ingat, yuk kita membahas salah satu mitos sunscreen, yakni katanya sunscreen itu bikin jerawatan, banyak yang bilang mitos tersebut bahwa kurang benar. Kalau menurut saya mungkin jerawat yang timbul itu dikarenakan dua hal : kulit kita memang tidak cocok dengan sunscreen tersebut atau kita kurang bersih ketika membersihkan wajah.

Jadi, kalau kita menggunakan sunscreen, kita harus benar-benar memastikan ketika membersihkan wajah, kulit wajah kita benar-benar bersih. Karena kalau ketika membersihkan wajah tidak benar-benar bersih, nanti pori-pori kita bisa tersumbat dan... Voila! Jerawat lahir deh. Soalnya saya pernah ketiduran dan tidak membersihkan wajah saya, waktu itu wajah saya pakai pelembab, sunscreen, dan bedak tabur. Keesokan harinya wuoooh jerawat baru tumbuh banyak banget. Maka dari itu saya merasa kalau pakai sunscreen dan jerawatan, ada dua kemungkinan, karena tidak cocok, atau nggak ya karena wajah tidak dibersikan sampai tuntas.


Sejauh ini, sunscreen ini adalah favorit saya (karena saya sekali coba dan cocok ehehehehe). Harganya juga affordable, saya beli di Hypermart dengan harga 48.000, isinya cukup banyak yakni 40gr. Selain itu sunscreen ini juga melembabkan wajah saya, sunscreen ini juga nggak mengandung pewarna dan juga alkohol. Daaaan, sunscreen ini tidak meninggalkan whitecast pada wajah saya!

Repurchase? Iya, selama belum ada sunscreen yang menarik hati saya, saya akan terus menggunakan sunscreen ini ^^

Apa sunscreen favorit kalian? Please comment down below, I'd love to know!


With Love,
Ghassani Gita Nirwanawati

32 comments:

  1. Replies
    1. Ayo sis dipake juga sis /semakin meracuni/

      Delete
    2. Masih mau coba pakai semoga aja cocok

      Delete
    3. Halo Tamara, semoga sunscreen ini cocok di wajah kamu ya :D

      terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. Replies
    1. Dicoba aja mbak, jenis sunscreen skin aqua banyak lhoo, jadi bisa menyesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit :D

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  3. Replies
    1. daaaan kulit tetap terlindungi dari sinar UV :D

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  4. Kalau untuk kulit beruntusan cocok gk kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cahya, kulitku beruntusan dan berjerawat, dan aku tidak ada masalah selama menggunakan sunscreen ini. Namun perlu diingat, kalau menggunakan sunscreen, kita harus melakukan double cleansing untuk membersihkannya. Kalau aku melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial wash ^^ Namun perlu diingat cocok tidak cocok sebuah skincare semua kembali ke kulit masing-masing orang ya ^^

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  5. Hi kak. Setelah pake sunscreen ini sebaiknya pake bb cream lagi atau gakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maulidia, setelah pakai sunscreen ini bisa kok kalau mau pakai bb cream. Karena aku jarang menggunakan makeup, setelah pakai sunscreen ini aku hanya pakai bedak tabur, terkadang juga tidak menggunakan apa-apa, hanya skincare saja ^^ tergantung kebutuhan masing-masing ya ^^

      Terimakasih banyak sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Kalo udah pake krim pagi dri dr. Gtu pake sunscreen sprti ini boleh g yaa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, seharusnya boleh-boleh saja karena sunscreen adalah step terakhir di dalam skincare. Namun karena kamu pakai krim dari dokter, mohon konsultasikan ke dokternya ya :)

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  7. Kaka,,mau tanya, sunscreen ini udah mengandung pelembab belum ya?? Step nya gimana kalo mau make? Misal pas Kaka mau keluar dipagi hari itu, ak orangnya nggak mau ribet, biasanya make pelembab, bedak tabur udah gitu aja,baca review Kaka jadi pengen beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Malita, yap, sunscreen ini bisa banget digunakan sebagai pelembab karena Ia mengandung Improved Hyaluronic Acid yang memang bertugas untuk memberi kelembaban lebih kepada kulit :) Sunscreen ini biasa aku gunakan di step terakhir dalam skincare yaitu setelah pelembab dan sebelum makeup ya :) Semoga nantinya sunscreen ini cocok dikulit Malita ya! ^^

      Terimakasih banyak sudah berkunjung :)

      Delete
  8. Kak, kan aku udah repurchase suncreen ini, tapi aromanya beda banget sama yg pertama aku beli, padahal beli di tempat yang sama. Tanggal expirednya jg gak ada di bagian bawah, kalau yg pertama ada. Di bawah tulisan "a product of ROHTO skin care" yg di bagian belakang itu "KBT001457B", kalau punya kakak gak ada "B" nya. Aku jadi bimbang mau diterusin aja pakai yg ini, atau beli lagi, apalagi harganya 60k di daerahku, lumayan buat anak sekolahan yg mau beli apa² kudu nabung dulu. Jadi, gimana menurut kakak? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kalau ada perbedaan dengan sunscreen yang kamu beli dengan yang sebelumnya, bisa ditanyakan langsung ke tempat kamu beli ya. Untuk selanjutnya saya sarankan kalau beli bisa ke toko terpercaya seperti Sociolla, Supermarket (Hypermart, dll) atau Rohto Official Store yang ada di Marketplace, karena pasti aslinya.

      Terimakasih banyak sudah berkunjung :)

      Delete
  9. Hai kak, sunscreen ini udah termasuk pelembab gak sih kak? Dan pernah kulit kakak termasuk sensitif kombinasi bukan? Soalnya aku mau make, dan ngeliat review kakak. Jadi pengen tapi takut gak working. Tipe kulitku sensitif kombinasi kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya sunscreen ini sudah termasuk pelembab ya. Dan, iya kulit saya agak sensitif dan kombinasi, di saya cocok banget sunscreen ini, tapi bisa jadi efeknya bakal berbeda di kulit masing-masing orang ya, kalau ingin tahu produk ini cocok apa tidak di kulit kamu ya caranya dicoba! :) good luck ya, semoga cocok!

      Terimakasih banyak sudah berkunjung :)

      Delete
  10. Replies
    1. Hai, belum ada tulisan halalnya. Namun di web LPPOM MUI semua produk Skin Aqua dinyatakan halal. Semoga infonya membantu kamu ya.

      Terimakasih banyak sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Nomor halal ya ada kak? Aku suka banget sama produk ini tapi sayang belum nemu di web MUI :(

      Delete
    3. Halo anon, bbrp bulan lalu aku cari di LPPOM MUI SKin Aqua terdaftar halal, kalau kamu mau tau lebih detail perkara halal apa tidaknya, nomor halalnya dan lain-lain, bisaaaa banget langsung tanya ke pihak Skin Aqua apa pihak MUI :) Terimakasih!

      Delete
  11. kak ini jenis sunscreen nya physical atau chemical??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nina, sunscreen ini termasuk dalam kategori chemical sunscreen ya :)
      Semoga infonya membantu!

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  12. Permisi kak hehe, mau tanya. Sunscreen ini setelah di pakai bikin kusam ga ya? soalnya produk sunscreen yang aku pakai sekarang bikin kusem gitu.

    Makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rasina, kalau di kulit aku sunscreen Skin Aqua ini nggak bikin kusam :)

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  13. Kak kulit aku kombinasi( berminyak di t zone) dan sensitif, tp aku salah beli yang uv mild milk spf 25 PA++ dry to sensitif, pertama coba langsung ada jerawat dagu, aku jadi takut nerusin karena bingung apa aku kurang bersihinnya cuma pake milk cleanser viva terus FC apa karena g cocok? Jadi pengen ganti sg spf 30 PA++:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anon, kalau memang merasa tidak cocok, bisa dihentikan penggunaannya, saya tidak bisa mendiagnosa ya itu ga cocok atau apa, karena saya bukan ahlinya, dan sekali lagi --> skincare itu memang cocok-cocokan banget :)

      Terimakasih sudah berkunjung!

      Delete
  14. Hai kak. Ini cocok buat kulit berminyak dan sensitiv kan kak? Ini ada alkoholnya atau tdk ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yuli, sunscreen ini tidak mengandung alkohol, untuk cocok tidaknya lebih baik langsung dicoba saja :)

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete