SOCIAL MEDIA

Monday, February 19, 2018

Review : Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++


Halo! Kali ini saya ingin berbagi review tentang sunscreen favorit saya, seperti yang seringkali disampaikan oleh para beauty guru dan beauty blogger, sunscreen itu sangat penting untuk kulit kita. Karena Ia bersifat melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari (UV).

DESCRIPTION 
Skin Aqua UV Moisture Gel
Price: Rp 45.000 - Rp. 55.000 
Size: 40 gr
Where to buy :
Hypermart, Giant, Guardian, Carrefour, etc.


Tahukah kalian kalau ada dua jenis sinar UV yang berbahaya buat kulit? Dua jenis sinar UV ini adalah sinar UVA dan UVB.

Nah diantara kedua jenis tersebut UVA adalah yang paling berbahaya karena Ia adalah gelombang ultraviolet panjang yang menembus kulit kita hingga lapisan epidermis, dan uniknya UVA ini tidak terasa panas lho di kulit kita, sinar UVA juga dapat menembus kaca dan awan, dan sebagian kasus kanker kulit disebabkan oleh sinar UVA lho. Sinar UVA juga merupakan salah satu penyebab cepatnya penuaan dini pada kulit kita.

Sedangkan sinar UVB adalah gelombang ultraviolet pendek, UVB tidak menembus permukaan kulit kita, namun UVB adalah penyebab utama apabila kulit kita terkena sunburn dan juga menghitam, sinar UVB tidak menembus awan dan juga kaca, dan sinar UVB akan terasa panas apabila terkena kulit.

Untuk melindungi kulit dari kedua sinar UV tersebut, kita harus memilih sunscreen yang mengandung SPF serta dilengkapi perlindungan PA+.



Pertanyaan yang seringkali ada di setiap pembahasan sunscreen adalah :
Kalau saya pakai BB Cream / Foundation / Pelembab yang sudah ada SPF nya bagaimana? Apakah harus tetap pakai sunscreen?

Jawabannya adalah : Iya! Harus tetap pakai.

Katanya, SPF yang terkandung di dalam Foundation, BB Cream maupun pelembab itu kurang efektif buat melindungi kulit kita dari sinar UVA dan UVB. Singkat cerita, kita percuma banget setiap hari maskeran pakai sheet mask Korea, pakai clay mask, toner 7 lapis, pakai skincare harga satu jutaan kalau kita nggak menjaga kulit kita dari sinar UVA dan UVB. Sangat percuma, dirawat tapi tidak dilindungi. Sedih kan?


Nah setelah mengetahui fakta-fakta diatas, saya sendiri tercengang karena saya adalah salah satu dari sekian banyak makhluk di dunia ini yang percaya kalau pelembab ber SPF sudah cukup melindungi kulit. Dan banyak banget orang-orang yang bilang kalau pakai sunscreen itu nanti ada whitecastnya, lengket, dan bikin jerawatan, saya sebagai makhluk berkulit kombinasi jadi anti sunscreen gara-gara perkataan orang-orang. Benar-benar kebodohan yang hakiki.☺

Tapi!

Kini saya sudah menyadari kebodohan saya, dan akhirnya berinisiatif mulai menggunakan sunscreen. Sekitar bulan Mei akhir tahun lalu, akhirnya saya menemukan sunscreen yang cocok dengan kulit wajah saya yang cenderung kombinasi (berminyak di T-Zone, normal di daerah pipi dan dagu, kulit saya juga acne prone). Sunscreen tersebut adalah Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++.

Sunscreen dari Skin Aqua ini banyak banget yang bilang kalau bagus, saya membeli yang jenis Moisture Gel karena jenis yang satu ini cocok untuk kulit normal - berminyak. SPF 30 PA++ yang dikandungnya pun menurut saya sudah cukup banget untuk dipakai sehari-hari dan ampuh melindungi kulit dari UVB (yang dilindungi oleh SPF 30) dan UVA (yang dilindungi oleh PA++).

Packaging


Dari segi packaging, packagingnya ringkas banget, dan simple. Bentuknya juga mungil jadi bisa masuk ke pouch kosmetik dengan mudah. Tutupnya berbentuk ulir, saya sebenarnya paling suka sama skincare yang tutupnya ulir, karena kalau dibawa travelling saya nggak perlu khawatir bakalan tumpah.


Pada packaging pun dijelaskan dengan singkat manfaat yang terkandung dalam Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++, kalau ingin penjelasan lebih lengkap, ada pada box, namun sayangnya box nya terlanjur dibuang jadi nggak bisa saya foto ehehehe.

Jadi sesuai dengan informasi yang ada pada bagian belakang packaging, Skin Aqua UV Moisture Gel ini selain melindungi kulit dari sinar UV, juga mengandung Improved Hyaluronic Acid dan Collagen yang melembabkan, melembutkan dan mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu juga mengandung vitamin B5, E dan C yang menutrisi kulit. Wah, melindungi, melembabkan, dan menutrisi kulit, kurang apa nih sis ini sunscreen sis.


Dan bagian terpenting, keterangan batch, expired, dan nomor POM, ada di bagian bawah kemasan. Kalau tidak salah, pada box juga ada, namun saya lupa terletak dimana karena ya... Ehehehe terlanjur dibuang. Pastikan ketika membeli apapun melihat keterangan expirednya kapan ya!

How's the Product?


Sebenarnya waktu saya pertama kali mengetahui produk ini, saya mengira akan berbentuk gel bening, namun ketika saya melihat review yang ada ternyata malah berwarna putih pekat. Namun ternyata walaupun terlihat putih pekat dan berat, sunscreen ini ringan, seperti klaimnya yang seringan air. Oh iya sebelum menggunakan sunscreen ini, jangan lupa untuk mengocoknya terlebih dahulu.

Dikulit saya, sunscreen ini cukup cepat menyerapnya dan sangat ringan di wajah, namun ketika sudah menyerap wajah saya tidak matte gitu, wajah saya terlihat ada glowing. Bagi kalian yang tidak suka dengan efek glowing pada wajah, bisa kok di set dengan bedak tabur setelah menggunakan sunscreen ini. Kalau saya sih suka dengan efek glowing, karena kan keliatan kayak kulitnya mbak Hyuna.


Saya sudah memakai sunscreen ini sekitar 7 bulan, dan tidak ada efek yang aneh-aneh pada wajah saya, malah saya merasa wajahnya kenyal dan lembabnya merata, biasanya di bagian dagu, pipi kering sekali, tapi sekarang lembabnya merata!

Dengan SPF 30, sunscreen ini bisa melindungi saya dari sunburn, serta kandungan PA++ nya dapat melindungi saya dari bahaya sinar UVA. Sunscreen ini benar-benar ampuh melindungi kulit wajah saya lho, karena saya pernah jalan-jalan dengan teman saya, waktu itu matahari sedang terik-teriknya, dan keesokan harinya teman saya mengeluh kulitnya jadi agak kusam dan terasa terbakar, padahal kulit saya keesokan harinya tidak apa-apa, benar-benar baik-baik saja.

Nah mumpung ingat, yuk kita membahas salah satu mitos sunscreen, yakni katanya sunscreen itu bikin jerawatan, banyak yang bilang mitos tersebut bahwa kurang benar. Kalau menurut saya mungkin jerawat yang timbul itu dikarenakan dua hal : kulit kita memang tidak cocok dengan sunscreen tersebut atau kita kurang bersih ketika membersihkan wajah.

Jadi, kalau kita menggunakan sunscreen, kita harus benar-benar memastikan ketika membersihkan wajah, kulit wajah kita benar-benar bersih. Karena kalau ketika membersihkan wajah tidak benar-benar bersih, nanti pori-pori kita bisa tersumbat dan... Voila! Jerawat lahir deh. Soalnya saya pernah ketiduran dan tidak membersihkan wajah saya, waktu itu wajah saya pakai pelembab, sunscreen, dan bedak tabur. Keesokan harinya wuoooh jerawat baru tumbuh banyak banget. Maka dari itu saya merasa kalau pakai sunscreen dan jerawatan, ada dua kemungkinan, karena tidak cocok, atau nggak ya karena wajah tidak dibersikan sampai tuntas.


Sejauh ini, sunscreen ini adalah favorit saya (karena saya sekali coba dan cocok ehehehehe). Harganya juga affordable, saya beli di Hypermart dengan harga 48.000, isinya cukup banyak yakni 40gr. Selain itu sunscreen ini juga melembabkan wajah saya, sunscreen ini juga nggak mengandung pewarna dan juga alkohol. Daaaan, sunscreen ini tidak meninggalkan whitecast pada wajah saya!

Repurchase? Iya, selama belum ada sunscreen yang menarik hati saya, saya akan terus menggunakan sunscreen ini ^^

Apa sunscreen favorit kalian? Please comment down below, I'd love to know!


With Love,
Ghassani Gita Nirwanawati

8 comments :

  1. Replies
    1. Dicoba aja mbak, jenis sunscreen skin aqua banyak lhoo, jadi bisa menyesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit :D

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. Biar secantik wanita koreaaa sihiiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. daaaan kulit tetap terlindungi dari sinar UV :D

      Terimakasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  3. Kalau untuk kulit beruntusan cocok gk kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cahya, kulitku beruntusan dan berjerawat, dan aku tidak ada masalah selama menggunakan sunscreen ini. Namun perlu diingat, kalau menggunakan sunscreen, kita harus melakukan double cleansing untuk membersihkannya. Kalau aku melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial wash ^^ Namun perlu diingat cocok tidak cocok sebuah skincare semua kembali ke kulit masing-masing orang ya ^^

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete