Review : Skinfood Black Sugar Honey Mask Wash Off

Wednesday, February 12, 2020


Skinfood Black Sugar Honey Mask Wash Off 

Untuk proses exfoliating wajah, dari dulu saya selalu pakai scrub wajah. Dan brand scrub wajah favorit saya adalah Skinfood. Saya pertamakali tahu produk-produk Skinfood dari salah satu teman saya, dia sangat menyukai varian Skinfood Black Sugar Mask Wash Off dan saya sukses teracuni karena memang seenak itu scrubnya 😍

DESCRIPTION 
Skinfood Black Sugar Honey Mask Wash Off
Price: Rp 95.000 - Rp. 105.000
Size: 100 gr
Where to buy :
Marketplace of your choice
(Tokopedia, Bukalapak, Shopee, etc)

Tapi, sebenarnya penting nggak sih melakukan exfoliating wajah? Saya akan menjelaskan dengan singkat mengenai exfoliation wajah yang saya kutip dari Labmuffin.

Jadi, bagian terluar kulit kita (stratum corneum) itu terdiri dari kulit-kulit mati, dan kulit mati ini sebenarnya akan otomatis 'melepas' dirinya dan digantikan dengan kulit baru setiap 2 minggu. Wah kulit kita keren banget tho? Namun, proses 'melepas' ini bisa melambat, dan faktor-faktor yang membuat proses ini melambat itu banyak banget,  usia, makanan yang dikonsumsi, perubahan hormon, dan perubahan cuaca bisa memicu proses 'melepas' itu terhambat.

Terus apa yang akan terjadi kalau kegiatan 'melepas' kulit mati ini terhambat? Pori-pori tersumbat, breakouts, muncul kerutan, kulit kusam, you named it. Dan hal-hal tersebut bisa kita atasi dengan mengexfoliate kulit kita.

Jadi ada 2 jenis exfoliation, yaitu Physical dan Chemical. Dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan Skinfood Black Sugar Honey Mask Off ini sendiri adalah Physical Exfoliaton.  Nah, Physical Exfoliation itu melibatkan pengelupasan sel-sel kulit mati secara langsung, dengan menggosok-gosok kulit wajah kita menggunakan scrub, peeling gel, atau tools exfoliation.

Apa saja kelebihan dan kekurangan physical exfoliation?


Baaiiique, itu dulu penjelasan singkat mengenai exfoliation ya! Yuk kita lanjutkan me-review Skinfood Black Sugar Honey Mask Off nya! 💗

Packaging

Packaging dari Skinfood Black Sugar Honey ini sama banget dengan varian scrub mereka yang lain, bentuknya jar dari plastik yang menurut saya cukup kokoh, ukurannya juga mungil. Perbedaan dari segi packaging varian Black Sugar Honey dengan varian lain hanya berbeda di segi warna.

Walaupun ukurannya mungil seperti kemasan selai, menurut saya ukuran packagingnya agak kurang travel-friendly. Jadi, kalau mau berpergian, isi dari Skinfood Black Sugar Honey ini harus dipindah ke jar yang lebih kecil.


Pertama dibuka, ada segel yang mirip banget sama segel waktu saya pertamakali buka selai! Tapi bedanya segel pada Black Sugar Honey ini agak tebal. Adanya segel di produk ini merupakan poin plus banget buat saya, karena saya merasa lebih aman kalau ada segelnya, berarti produknya masih baru dan belum ada yang megang-megang isi dari produk.


Stiker yang ada di bagian tubuh packaging, didominasi tulisan hangeul. Namun ada sedikit tulisan dalam berbahasa Inggris yang merupakan cara menggunakan produk. Dan bagi yang penasaran ingredients dari Skinfood Black Sugar Honey Mask Wash Off ini apa saja, sayang sekali saya tidak menemukan list ingredientsnya di stiker.

Namun saya menemukan ingredients listnya! Berikut list ingredientsnya yang saya ambil dari website theskinfood.us :
Ingredients : Caprylic/Capric Triglyceride, Sucrose, Glycerin, Honey, Water, Cetyl Ethylhexanoate, Peg-7 Glyceryl Cocoate, Euphorbia Cerifera (Candelilla) Wax, Stearalkonium Hectorite, Caramel, Lanolin, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Sorbitan Laurate, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Isohexadecane, Polysorbate 80, Bht, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Fragrance


Untuk expired date dari produk, bisa dilihat langsung dibagian bawah packaging. Dan perlu diingat ya, kalau urutan membaca tanggal di produk Korea adalah tahun-bulan-tanggal. Jadi kalau di Skinfood Black Sugar Honey Mask Wash Off punya saya, expired datenya 20211204, yang berarti dibaca 04 Desember 2021.

How's the Product?


Saya masih ingat dengan tekstur Skinfood Black Sugar dan Skinfood Black Sugar Strawberry yang pernah saya pakai, dan saya bisa banget bilang kalau tekstur dari Skinfood Black Sugar Honey Mask ini agak beda. Yang paling kelihatan adalah butiran gulanya. Menurut saya, butiran gulanya terasa lebih kecil dan lebih halus dari 2 varian lainnya. Dan di varian ini ada cairan 'madu' yang cukup banyak, dan dari aromanya sendiri ini baunya madu banget.

Berbeda dengan varian lainnya, ketika kita akan menggunakan Skinfood Black Sugar Honey, wajib banget hukumnya mengocok kemasan terlebih dahulu (di badan kemasan, hal ini juga dijelaskan kok!). Karena kalau nggak dikocok terlebih dahulu, nanti cairan madu dan gulanya nggak tercampur dan kalian bisa saja hanya memperoleh cairan madunya saja, tanpa ada gulanya.


Jadi saya sudah sekitar 2 bulan memakai Skinfood Black Sugar Honey Mask, saya menggunakannya 2 kali dalam satu minggu. Dan saya merasa kulit saya enak banget kalau habis di scrub pakai ini, kulit jadi terasa lebih halus dan terlihat lebih segar. Dan setelah rutin melakukan exfoliation wajah juga jarang terlihat kusam. 

Dan saya juga suka dengan scrub yang satu ini karena butiran gulanya tidak terasa sakit ketika digunakan di wajah saya, dan karena mengandung madu, setelah melakukan scrub wajah terasa lembab banget.

Oh iya, produk ini mengandung fragnance, jadi bagi kalian yang menghindari fragnance pada skincare, produk ini mungkin bukan buat kalian.

Tips dari saya, kalau kalian sedang jerawatan, jangan coba-coba melakukan exfoliation menggunakan physical exfoliation ya, nanti malah akan memperparah keadaan jerawat kalian. Karena saya sendiri pernah melakukan exfoliation waktu ada jerawat di kulit saya, dan jadi makin parah jerawatnya. So, don't do that! Dan juga, men-scrub wajah secara sangaaat perlahan dalam waktu yang lama lebih baik daripada men-scrub wajah dengan keras, karena... Kulit kita juga berhak untuk dicintai 💗

Repurchase? Maybe yes, karena saya kedepannya ingin mencoba menggunakan Chemical exfoliation. Tapi bagi kalian yang mencari scrub wajah yang butirannya halus dan melembabkan dengan harga terjangkau scrub dari Skinfood ini bisa banget dicoba!

Kalau kalian biasanya melakukan exfoliate wajah menggunakan apa? Please comment down below, I'd love to know! ðŸ˜€


With Love,


*this is NOT a sponsored post 
*all pictures in this post is taken by me. If you want to use it, please don't remove the watermark.

6 comments:

  1. Gula di maskernya skinfood emang agak gede sih jadi kudu hati hati pas ngegosok biar nggak sakit yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang divarian satu ini surprisingly lebih halus dari yg varian lain, tapi emang kalau ngegosok-gosok harus pelan-pelan kalau terlalu kenceng kasian kulitnya :o

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. Sayangnya untuk kulit sensitifku tidak cocok pakai yang varian ini. Aku pakainya yang varian Rice Mask. Skinfood emang juara si soal scrub wajah begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget ya nggak cocok :o
      Jadi penasaran nih sama yang varian Rice, kayaknya memang butirannya halus banget ya :D

      Terimakasih banyak sudah berkunjung ^^

      Delete
  3. Wishlist ku tuh yang Black Sugar Mask mba. Tapi wishlist saja dari kapan tau belum jadi dibeli-beli.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saya kebetulan sudah pernah "nyicip" punya teman mbak yang Black Sugar, jadi pas beli untuk diri sendiri nyobain yang Black Sugar Honey! Hehehe :D

      Delete