SOCIAL MEDIA

Sunday, March 25, 2018

KPOP Corner : SURAN Profile


Selamat datang di Kpop Corner! Nah, di segment ini, saya akan membahas musik Korea, lebih tepatnya Korea Selatan. Walaupun Kpop Corner, namun saya akan membahas K-Indie, K-Hip Hop, Reality Show dan hal-hal lain berbau entertainment Korea.

Nah, kali ini saya ingin membahas Suran. Salah satu soloist Korea Selatan yang suaranya sangat unik. Suran juga merupakan coach vocal di salah satu survival show Korea, yakni MIXNINE.

Suran merupakan soloist dibawah naungan Million Market, dan debut pada 17 Desember, 2014. Namun sebelumnya, pada 09 Juli, 2014 Suran sempat debut menjadi grup duo bernama LODIA bersama dengan penyanyi lainnya yang bernama Effy, dan ketika masih berada di LODIA, stage name Suran adalah Elena.

Suran terkenal karena seringkali berkolaborasi dengan penyanyi lainnya seperti Crush, Dean, Suga, Primary dan Zico. Dan kolaborasinya yang paling terkenal adalah dengan SUGA (anggota BTS) dengan lagu  'If I Drunk Today' yang sempat berada di posisi nomor 2 di tangga lagu Korea Selatan. Suara unik Suran juga seringkali menghiasi Drama Korea, karena Ia banyak menyanyikan lagu untuk OST Drama Korea, antara lain drama Jealousy Incarnate dan Strong Woman Do Bong Soon


Suran debut dengan lagu berjudul 'I Feel', dan debutnya tidak terlalu mendapatkan perhatian walaupun menurut saya kualitas lagunya sangat bagus. Lalu di tahun 2015, Suran merilis sebuah single berjudul Calling in Love featuring Beenzino. Pada tahun yang sama pula, Suran menjadi featuring artist pada lagu milik Primary dan Zico. Dan lagu-lagu tersebut menduduki posisi ranking yang cukup tinggi.

Di tahun 2017 awal, pamor Suran melejit karena Suran menyanyikan lagu yang producernya adalah Suga, seorang member boyband terkenal Korea Selatan, yakni BTS. Lagu ini berjudul If I Get Drunk Today (Wine) featuring rapper Changmo. Lagu ini menduduki peringkat 2 pada Gaon Digital Chart dan digital single ini sudah terjual sebanyak 500,000+ digital download.


Menyusul kesuksesan single tersebut, Suran merilis Extended Play (EP) 'Walkin' pada 2 Juni 2017, dan EP ini meraih peringkat 30 di Gaon Album Chart. Title dari EP Walkin' yakni 1+1=0 featuring Dean juga dirilis pada hari yang sama dan sudah terjual sebanyak 100.000+ digital downloads.



Saya menjadi fans dari Suran ketika mendengarkan lagu 1+1=0, saya awalnya mendengarkan lagu ini karena featuring Dean. Yup, saya sangat menyukai Dean, dan saya yakin kalau Dean menjadi featuring di sebuah lagu, lagu tersebut pasti sangat bagus. Dan saya tidak salah, setelah mendengar 1+1=0, saya jatuh cinta pada suara Suran yang sangat unik dan jarang sekali ada penyanyi asal Korea Selatan memiliki suara seperti ini.

Lagu terbaru dari Suran adalah Love Story featuring Crush!



Lagu ini sangat menenangkan, dan music videonya sendiri sangat cerah dan bertemakan Spring. Suara Suran dan Crush pun berpadu dengan sangat indah.  Apabila kalian ingin mendengarkan lagu yang ringan, Love Story dari Suran ini bisa jadi pilihan!

---


Terkenal karena suaranya yang unik, Suran ternyata adalah lulusan dari jurusan Computer Science ketika kuliah. Dan Suran baru mulai bernyanyi ketika di umur 20-an lho!. Tak hanya terkenal sebagai penyanyi bersuara unik, Suran juga merupakan songwriter dan record producer.

Pada MelOn Music Awards tahun 2017, Suran memenangkan award Best R&B/Soul untuk lagunya yang berjudul 'If I Drunk Today'. Suran juga memenangkan award Hot Trend untuk kolaborasinya bersama BTS Suga. 

Pada Golden Disc Awards ke 32, Suran memenangkan award Best R&B/Soul. Dan pada Golden Disc Awards ke 32 tersebut, Ia menyanyikan lagunya yang berjudul Love Story.

Apakah kalian pernah mendengarkan lagu dari Suran? Apa lagu Suran favorit kalian?


With Love,

2 comments :