My 2019 Top 15 Favorite Playlist

Saturday, January 4, 2020


2019 rasanya kayak sekedip mata aja ya, bentaaaar banget! Tapi tahun 2019 merupakan tahun yang berkesan untuk saya, dan saya mendapatkan banyak pelajaran di tahun ini. Semoga kita semua bisa membawa yang baik-baik ke tahun 2020, dan meninggalkan yang jelek-jelek ya.

Dan Selamat Tahun Baru 2020 ya semuanya! Dan seperti tradisi blog ini, setiap tahunnya saya akan me-list 15 lagu favorit saya dalam 1 tahun. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu kebingungan me-list lagu favorit saya tahun 2019 kemarin karena, buanyak men, buanyak. Nah, tanpa banyak pembukaan lagi, yuk kita mulai!

15. Velveteen - Part of the Game


List tahun ini dibuka oleh Velveteen! Pertamakali dengar snippets dari lagu ini di salah satu video milik Ria SW. Dan it was love at first hear, langsung deh download aplikasi Shazzam cuma buat nyari judul lagu ini. Dan ketika udah ketemu rasanya seneng banget! Melodi dan atmosfir keseluruhan lagu ini benar-benar cocok sama selera saya. Selama saya mengerjakan pekerjaan/belajar, lagu ini selalu on loop 💙

Too bad, not many people know this song. It's such a good song! 

14. Jessi - Who Dat B


Jessi never failed to impress me. Her music, her attitude, and her lyrics are always on point! Saya juga selalu suka bahwa ketika bermusik Jessi selalu menjadi dirinya sendiri. Musiknya sendiri cukup fierce dan MV nya ciamik banget! Di MV ini, dia bahkan menggunakan celana yang motifnya adalah screenshots dari hate comments yang Ia terima dan dipadukan dengan atasan yang bertuliskan 'fake' di bagian dada.

Bagi yang belum tahu, di acara Happy Together, Jessi cerita bahwa banyak orang yang bilang ke dia kalau "Your breats are fake" karena Jessi memang melakukan operasi plastik pada bagian dadanya. Namun, she really handle those hate comments very well.

13. Red Velvet - Psycho


It's Red Velvet last comeback in 2019. Dan mereka sukses banget mengambil hati saya. Di comeback kali ini mereka kembali dengan sisi 'Velvet' mereka, dan banyak yang bilang ini Bad Boy 2.0. But I have to disagree with that. Vokal mereka di lagu Psycho ini benar-benar ke-highlight banget! Terutama untuk Wendy dan Seulgi, their vocal really shines here!

Untuk instrumentalnya sendiri, menurut saya it has a hint of sadness but a hint of happiness too. Kinda weird but I loved it. Dan visual mereka di comeback kali ini nggak usah dikomentarin ya? Because they're too gorgeous. Dan karena ini rilisnya di Bulan Desember yaitu waktu musim winter, saya ngerasa juga visual keseluruhan MVnya menggambarkan rasa 'dingin' gitu. Nggak tahu sih, mungkin saya aja yang ngerasa kayak gitu 😅

12. Sunmi - LALALAY


I love Sunmi always giving us a fresh music. Saya awalnya agak aneh aja sama judulnya, Lalalay, hmm cukup aneh di telinga saya. Tapi ternyata Lalalay ini semacam slang word di Korea sana. Agak susah menjelaskan detailnya, but it's so jenius! Lagu Sunmi lainnya yaitu Gashina yang masuk di top playlist saya di tahun 2017 juga memiliki 2 arti dalam bahasa Korea. Dan lagu di lagu Lalalay ini, Sunmi menulis dan menjadi co-producer bersama seorang komposer bernama Frants.

Dan uniknya, di bagian chorus lagu ini, pada bagian instrumentalnya, ada elemen Koreanya lho. Ada suara alat musik tradisional Korea bernama taepyeongso. Dan suara dari alat musik taepyeongso ini
membuat musiknya semakin terdengar unik. Good job, Sunmi!

Dan untuk choreographynya, kudos to Lia Kim and Tina from 1Million Dance Studio! Sukaaa banget sama choreonya!


11. EPIK HIGH - Lovedrunk (feat. Crush)


Lagu patah hati of the year versi saya. Pertamakali nonton MVnya, sambil baca subtitle dari lirik lagunya, saya cuma bisa ngelus-ngelus dada karena, damn, what a lyrics! Lovedrunk, mabuk karena cinta? Tapi bukan mabuk karena bahagia, tapi mabuk karena berusaha menghapus cinta itu sendiri. Dan menurut saya nih, lagu ini mengungkapkan seseorang yang berusaha menghapus sakit hatinya dengan minum alkohol setiap hari. Yep... Berharap mabuk bisa menghapus sakitnya.

"Like mixing drinks, I'm mixing poisons and expecting a cure. What's the difference?"


"Maybe, in erasing you, I'll end up erasing myself"

"Parting is so bitter, that this alcohol feels sweet"

Epik High's lyrics never fail to impress me.


10. (G)I-DLE - Lion


Saya pingin banget ketemu sama Soyeon, terus tepuk tangan terus sungkem. She's a jenius. Lagu 'Lion' ini sebenarnya adalah lagu konsep yang mereka persembahkan untuk babak final Queendom. Dan... Wah, untuk kompetisi saja mereka tetap all-out begini, sampai bikin MV nya juga!

And, I love how Shuhua have a lot of lines in this song!

Ngomong-ngomong, kalian wajib banget lihat performance live mereka di babak final Queendom pas menampilkan lagu ini! Panggungnya, kostumnya, semuanya, perfecto!


09. Chungha - Gotta Go


Aswiwo beolsseo 12si~

Chungha merupakan salah satu kontestan Produce 101 season 1 yang dulu saya vote setiap harinya. Sejak dia berkarir solo, lagu-lagunya belum ada yang nempel banget di otak saya. Tapi, lagunya yang berjudul 'Gotta Go' ini langsung bikin saya jatuh cinta!

Kalau saya lihat-lihat dari liriknya, Gotta Go ini kayak Cinderella ya? Mungkin karena ada unsur jam 12 malamnya ya? Hahaha saya langsung inget aja rasanya.

It’s a bummer, it’s already 12
What to do? It’s already 12
Don’t wanna let you go

Menurut saya konsep dari 'Gotta Go' ini dari segi musik, koreo dan tema keseluruhan cocok banget buat Chungha! Feminine yet mysteriousAnd I'm so happy for her that Korean people are loving this song too!

08. Hwasa - TWIT


Hwasa itu menurut saya salah satu idol di Korea Selatan yang paling unik. Dari segi attitude, vocal dan visual dia benar-benar dengan idol Korea lainnya. Hwasa bahkan dianggap nggak punya visual yang biasa dimiliki idol lainnya, badannya dianggap terlalu curvy dan juga thick tidak langsing seperti idol lainnya. Tapi uniknya, dia tetap bersinar dengan segala perbedaannya. Proud of Hwasa!

Twit ini untuk liriknya sendiri banyak banget ngambil beberapa frasa Korea yang mungkin akan susah banget dijelaskan, tapi ya itu dia uniknya lirik lagu milik Hwasa dan MAMAMOO. Tapi kalau disuruh mengomentari lagunya, I loved it, beatnya pas, suaranya Hwasa is unique as always, and she looks beautiful in the music video!

07. Punchnello - Doodle (feat. Yerin Baek)


Lagu yang cocok banget didengarkan di malam hari waktu sedang sunyi atau ketika hujan rintik-rintik turun. Melodinya chill banget. I never know Baek Yerin's voice have a healing effects to me until this song, her voice always make me feel so calm. Dan, rap dari Punchnello dan vokal Baek Yerin benar-benar mengisi satu sama lain.

06. Sunday Moon - Eleven


I'm really glad I found out Sunday Moon this year. I really love all her songs, but I pick 'Eleven' as my most favorite one. Lagu ini terasa gloomy, tapi juga terasa sangat damai secara bersamaan. It's strange, but I love it. Di description box dari video klip 'Eleven' ditulis bahwa 'This is a song inspired by Stranger Things'. Saya sendiri belum pernah nonton Stranger Things. But I'll watch it because of this song! Semua lagu dari Sunday Moon benar-benar chill, her voice is so smooth, saya benar-benar menyarankan kalian untuk mendengarkan lagu-lagu dari Sunday Moon.

05. MAMAMOO - HIP


HIP ini bukan diambil dari bahasa Inggrisnya pinggul, tapi lebih ke bahasa Korea dari 'hype' yang dibaca HIP! Untuk musiknya sendiri ini fresh banget ya, dan koreografinya pun beda dengan lagu mereka yang sebelumnya, lebih fun gitu!

Lagu HIP ini katanya ditujukan untuk publik atau haters yang selalu mengomentari penampilan dan apapun yang dilakukan oleh MAMAMOO. Liriknya on point banget! Sebenarnya senang banget sih MAMAMOO memilih untuk membalas hate comments dengan sebuah lagu, mereka memanfaatkan peluang mereka dengan baik! And people are loving this new song tooProud of MAMAMOO!

And, I love Moonbyul's hair color! It's purple!!!

04. Baek Yerin - Square (2017)


Lagu ini adalah lagu yang paling ditunggu-tunggu fans Yerin untuk rilis dalam versi studio. Setelah 2 tahun menunggu, akhirnya versi studionya rilis! Dan benar saja, lagu ini langsung menjadi certified all-kill di chart musik Korea. Congratulations Yerin!

Saya sebenarnya juga salah satu yang sangat menunggu lagu Square versi studio. Saya pertamakali tahu lagu ini tahun 2018, waktu itu ada salah satu fancam Yerin di YouTube yang sedang menyanyikan lagu ini. Dan... Saya ngerasa ngeliat Yerin menyanyikan lagu ini itu dia kayak... Bebas. Dan saya juga jadi ngerasa segar banget ngeliat performance Yerin menyanyikan lagu Square ini.


Semenjak itu saya jatuh cinta dengan lagu ini. Karena dia ngasih feel bebas ke saya. Bebasnya ini lebih ke 'lepas', saya ngerasa semua yang berhubungan dengan hidup saya bisa lepas ketika saya mendengarkan lagu ini. I feel happy! Dan untuk liriknya sendiri, entah kenapa saya bisa relate banget.

03. Hwasa, Woogie - In The Fall


This song suddenly appears on my Spotify home page. Dan saya berterimakasih banget sama Spotify buat hal itu. Pertamakali dengar nggak bakal menyangka sih lagu ini bisa seenak itu. This song is simply beautiful. I can't describe it anymore. It just so perfect for me 💙

02. MIYU - My Type (Prod by. Yoon Jong Shim)


City Pop merupakan salah satu genre lagu yang saya suka. Karena dia ngasih feeling retro ke saya. Mulai dari Mariya Takeuchi, Miki Matsubara dan penyanyi-penyanyi yang pada era-nya bergenre City Pop, saya suka semuanya. Dan tanpa saya sadari, lagu-lagu lawas Indonesia yang bergenre City Pop pun ada! Tapi saya sangat mengapresiasi beberapa penyanyi yang mulai menghidupkan kembali genre City Pop akhir-akhir ini.

Di Korea sendiri saya tahu ada beberapa penyanyi seperti Yukika dan Yubin (ex-Wonder Girls) yang mengusung konsep City Pop. Tapi Yoon Jong Shim, seorang komposer di Korea memiliki sebuah project yang dimana setiap bulannya Ia merilis lagu, project ini bernama Monthly Project Yoon Jong Shin. Dan hampir semua lagu di project ini bernuansa retro. Dan City Pop merupakan salah satu genre yang ada di project ini!

Dan untuk Monthly Project bulan Oktober, Yoon Jong Shin berkerjasama dengan salah satu trainee di companynya Mystic Entertainment, yaitu Takeuchi Miyu. Takeuchi Miyu sendiri adalah ex personil AKB48, dia memulai karirnya di Korea semenjak dia ikut berpartisipasi di Produce 48. She's one of my favorite contestant at Produce 48 because of her unique vocal 💗

This song is a love at first hear. City Pop nya dapet banget, dan saya nggak pernah nyangka kalau vocalnya Miyu bisa secocok ini dengan City Pop. MVnya sendiri simply beautiful, Miyu looks so beautiful here. Dan senang banget sih dia bisa dapat full spotlight di lagu ini. Karena waktu masih sama AKB48, fansnya Miyu bahkan punya game yang berjudul "Find Miyu" 😂

Saking sayangnya sama lagu ini, saya selalu repeat lagu ini, bahkan versi instrumentalnya saja selalu saya dengarkan juga! Hihihi.

01. Baek Yerin - Maybe It's Not Our Fault



Album of the year 2019 versi saya jatuh kepada mini album milik Baek Yerin, mini album 'Our love is great'. Di dalam mini album ini ada 7 lagu, dan semuanya saya suka. Tapi ada satu lagu yang benar-benar mengambil hati saya, yaitu 'Maybe It's Not Our Fault'.

But, let me talk about the mini-album first. Rilisnya album ini terasa berharga banget bagi saya, karena Baek Yerin sudah lama sekali tidak merilis album baru. Vokal Baek Yerin merupakan jenis vokal yang saya suka, manis dan menenangkan. Dan semua lagu yang ada di album ini rasanya kayak genuine banget, Baek Yerin kayaknya benar-benar tulus ketika menulis lirik dari lagu-lagunya di album ini.

Maybe It's Not Our Fault memiliki genre R&B/Soul yang merupakan salah satu genre musik favorit saya. Dan lirik lagunya sendiri kayak menceritakan sepasang kekasih yang berusaha mempertahankan hubungan mereka. Musiknya sendiri, saya banget sih, chill gitu! Hahaha makin tua tambah kelihatan saya lebih prefer lagu yang lembut dan santuy. Her voice is soooo soothing as usual. Dan musik videonya sendiri cukup unik, mengambil tema 'journaling'. Jadi konsep musik dan MVnya klop banget. Bringing aesthetic to the next level? ðŸ’œ

Sayangnya Baek Yerin tidak mempromosikan lagu ini di Music Bank dan sebangsanya. Namun saya cukup senang karena dia menyanyikan beberapa lagu di album 'Our love is great' secara live di YouTube channel ONSTAGE 💙


---

And, that's it!


Tahun ini saya lagi seneng banget ngedengerin lagu-lagu yang chill dan soothing gitu. Mungkin karena saya memang butuh ketenangan ya? Hihihihi. Hope you enjoy this post, as much as I enjoy writing it 💙

Apa lagu favorit kalian di tahun 2019 kemarin? Share your favorite songs on comments below! 💛


With Love,

No comments

Post a Comment